Home » » Umat muslim Harus Bersikap Toleran

Umat muslim Harus Bersikap Toleran

Written By Admin on Selasa, 05 Oktober 2010 | 19.51

Cendekiawan muslim, Dawam Rahardjo, meminta umat Muslim untuk berintrospeksi diri mengingat belakangan semakin banyak terjadi tindak kekerasan atas nama agama yang menyerang kelompok agama lain. Umat muslim harus bersikap toleran dan memahami pluralisme yang ada di negeri ini. Lalu bagaimana nasib umat islam yang hanya KORBAN AROGANSI HKBP dan OPINI SESAT MEDIA MASSA? Hal tersebut bisa anda baca pada postingan yang berjudul Dukungan Untuk Umat Islam Di Ciketing Bekasi Yang Tertindas.

Umat muslim Harus Bersikap Toleran"Saya pikir bahwa orang-orang yang beragama itu introspeksi terutama Islam karena pada kenyataannya mereka melakukan kekerasan walaupun bilangnya damai," ujar Dawam, Selasa (5/10/2010), usai bedah buku "5 Penggerak Bangsa yang Terlupa: Nasionalisme Minoritas Kristen", di Gedung Djoeang 45, Jakarta.

Menurut Dawam, umat Islam harus mulai berpikir jujur bahwa pada kenyataannya beberapa kelompok memang ada yang tidak toleran dan tidak menyetujui pluralisme.

"Ini kenyataan, umat Islam harus berpikir jujur. Mereka bilang damai, tapi nyatanya tidak damai," ujarnya.

Tindak kekerasan yang kerap dilakukan ormas agama menurut Dawam merupakan imbas dari kebebasan dan menyebabkan timbulnya perasaan dominan.

"Hasutan-hasutan juga memprovokasi kelompok-kelompok garis keras melakukan kekerasan dan mengancam kerukunan," ungkap Dawam kepada Kompas.com. Dengan hasutan tersebut, lanjut Dawam, pola pikir masyarakat terindoktrinasi sehingga muncullah fanatisme yang luar biasa.

"Apalagi, didukung dengan sistem pendidikan yang tidak pluralis," ujarnya. Untuk mengatasi konflik-konflik antar golongan, etnis, dan agama ini, ungkap Dawam, Indonesia harus mulai menggarap serius pola pendidikan yang berbasis pluralisme.

"Pendidikan yang ada harus toleran yang plural, damai, dan menghargai demokrasi," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar